Sabtu, 18 Februari 2017

Cinta Kasih, Tulus Iklas dan Pengorbanan ( Tri Parartha )


Semoga Selalu dalam Lindungan dan Kasih Tuhan

Ajaran-ajaran Hindu mengajarkan hal yang sangat sederhana tapi memiliki makna yang sangat penting dan mendalam. Ketika seseorang mencari pengetahuan-pengetahuan yang dianggap akan menjadikan dirinya lebih dari yang lain, orang tersebut akan dibuat meremehkan hal yang dasar. Seperti halnya yang disebutkan dalam Tri Parartha. Tri Parartha merupakan tiga penyebab yang menjadikan kita selamat, sejahtera dan bahagia. Apa saja ketiga hal tersebut?

Asih/Cinta Kasih

Cinta kasih menjadi hal yang paling utama dalam kehidupan ini, dengan cinta kasih kita bisa hadir di dunia ini, begitu pentingnya cinta kasih yang harus kita miliki, karena semua gerak kehipupan kita dimulai dengan cinta kasih. Kita tidak bisa membayangkan, bagaimana jadinya kehidupan ini tanpa cinta kasih, bagaimana jika tidak adanya cinta kasih antara ibu dan anak, suami dan istri, antara keluarga mapun orang lain. Maka tanamkanlah cinta kasih sebagai akar kehidupan kita. Dengan cinta kasih kesempatan kita berbuat baik akan semakin luas, memberikan kita pemahaman akan arti hidup dan bagaimana kita berjuang untuk membahagiakan orang yang kita kasihi.

Punia/Tulus Iklas

Punia menjadi hal yang sangat pentik dalam pelaksanaan cinta kasih, punia artinya dermawan atau ketulusiklasan. Tulus iklas dalam menjalani sesuatu membuat kita aman dari suatu harapan yang menuntut kita untuk berpatokan pada hasil. Tulus iklas bukan berarti kita mengerjakan sesuatu dengan asal mengerjakan, tetapi kita juga harus selalu mengupayakan dan mengerjakan secara maksimal dan terbaik. Tulus iklas berarti memasrahkan  semua hasil kerja kepada hukum alam yang ada, kita harus yakin, apapun yang kita perbuat pasti ada hasilnya. Berbuat dengan Tulu Iklas adalah cara aman untuk menjaga motivasi hidup kita.

Bhakti/Pengorbanan

Seperti orang bijaksana mengatakan, semua butuh pengorbanan. Pengorbanan menjadi titik akhir penting dalam mencapai tujuan kita. Dalam ajaran, menjelaskan, Tuhan pun melakukan pengorbanan untuk menjaga alam semseta ini, karena tanpa pengorbanan kehidupan ini akan hancur.  Dalam setiap tindakan, diperlukan pengorbanan untuk mencapai tujuan dengan cara yang terbaik. Setiap pengorbanan mengandung makna yang sangat mendalam, yang menjadikan kita sadar bagaimana kita harus selalu menempatkan diri untuk selalu memberi. Lakukan semua dengan penuh pengorbanan untuk menjadi yang terbaik, menjadi pemenang dalam hidup ini.

Cinta Kasih, Punia dan Bhakti. Tigal hal itu memang sederhana dan sering dilupakan oleh kita, kita sering berpatokan pada apa yang belum kita punya dan mencari sesuatu yang jauh di awang-awang kita, padahal dengan menerapkan tiga hal tersebut, kita dapat mencapai tujuan hidup kita dengan selamat, sejahtera dan bahagia. Untuk itu, dalam hidup penting kita tanamkkan cinta kasih, semua yang berawal dari cinta kasih akan membirikan kita dorongan untuk berbuat lebih. Keinginan yang berbuat lebih dilakukan dengan Tulus Iklas, maka segala sesuatunya telah kita lewati dengan menyerahkan semua yang kita kerjakan terhadap hukum karma. Pengorbanan dalam memperjuangkan segala suatu akan menjadikan kita yakin bagaimana yang terbaik akan datang menhampiri kita, lakukan dengan penuh pengorbanan!

Semoga semua seluruh isi alam ini bahagia dan sejahtera..

Damai, damai dan damai di manapun dankapanpun kita berada..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar