Senin, 13 Februari 2017

4 Aspek Pembahasan Catur Veda


Semoga selalu dalam lindungan dan kasih Tuhan..

Catur Veda merupakan sumber dari pengetahuan Rohani. Mantra-Mantra, doa dan lagu-lagu pujaan suci bersumber dari Catur Veda. Ribuan ayat terdapat dalam Kitab Suci Catur Veda, dari ribuan, menurut aspek Pembahasannya dapat dikelompokan menjadi empat aspek. yaitu adalah:

Pembahasan Aspek Vijnana

Aspek Vijnana merupakan kelompok mantra yang membahas bermacam aspek pengetahuan, baik pengetahuan allam sebagai ciptaanNya, termasuk pula Teologi, Kosmologi dan lain-lain yang bersifat metaphisik. Kata Vijnana berarti kebijaksanaa tertinggi. Yang paling menonjol dalam aspek Vijnana ini adlah aspek yang memberikan keterangan dasar pandangan filsafat dan methafisika berdasarkan Veda.

Pembahasan Aspek Karma

Aspek Karma yang dimaksud adalah pembahasan jenis mantra yang mengandung berbagai aspek jenis Karma atau Yadnya sebagai dasar atau cara dalam mencapai tujuan hidup manusia. pembahasan secara mendalam mengenai hal ini kemudian dikembangkan di dalam kitab-kitab Kalpasutra sebagai pengembangan lebih jauh kitab-kitab Brahmana.

Pembahasan Aspek Upasana

Aspek Upasana merupakan pembahasan kelompok mantra yang membahas segala aspek yang ada kaitannya dengan petunjuk dan cara mendekatkan diri dengan Tuhan Yang Maha Esa. Kata Upasnan berarti usaha mendekatkan diri dengan Sthana Hyang Widhi. Kelompok mnatra ini menjadi dasar berkembangnya sistem atau ajaran Yoga.

Pembahasan Asepek Jnana

Aspek Jnana merupakan kelompok mantra yang membahas segala aspek pengetahuan secara umum sebagai ilmu murni. Dalam hubungan ini perlu dikemukakan bahwa kita tidak mendapatkan gambaran secara lengkap bagaimana ilmu itu, kecuali hukum-hukum tertentu yang kemudian kita kembangkan akan menjadi ilmu yang berdidri sendiri, sebagai contoh Vaidikaganitam (Veda Matematika) Ayurveda dan sebagainya. 

Dari keempat Aspek tersebut di kita dapat memilah-milah dan lebih fokus dalam memahami ajaran atau tuntunan yang ada dalam kitab suci Catur Veda. masing-masing aspek telah memberikan gambaran yang tersendiri untuk dapat kita pelajari. Sebenarnya, empat kelompok asepek tersebut dapat disederhanakan menjasi 2 aspek, yaitu ajaran yang mengandung aspek Karmakanda yang kita jumpai ajaran karma, yajna dan upasana, dan  Apek Jnanakanda yang kita jumpai dalam Sasmita, Aranyaka dan Upanisad.

Semoga Seluruh Mahluk hidup dan isi alam semesta ini berbahagia..
Damai di manapun dan selamanya untuk kita semua..


Referensi, Tim Penyusun, 1997, Buku Pendidikan Agama Hindu Untuk Perguruan Tinggi, Hanuman Sakti, Jakarta.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar