Minggu, 12 Februari 2017

Cara Rsi menerima Wahyu


Rsi merupakan orang yang penting dalam masyarakat Hindu, selain memiliki hati yang suci dan bersih, Rsi juga mamiliki insting yang tajam dalam menanggapi penomena-penomena atau tanda-tanda alam. Karena sifat itulah para Rsi dapat mudah menerima atau meperoleh suatu wahyu dan Anugerah. Sesuai dengan namanya, yang mana Rsi berasal dari urat kata drs yang artinya melihat atau memandang dalam arti yang lebih luas dikatakan memperoleh atau menerima. Oleh karena itu seorang Rsi disebut Mantradrasta. Ada beberapa cara seorang Rsi menerima Wahyu.

Svaranada

Svaranada adalah cara seorang Rsi mendapatkan wahyu dengan cara gema yang diterima seorang Rsi kemudian gema itu berubah menjadi Sabda atau Wahyu dan disampaikan kepada para Siswa kerohanian di Pasraman.

Upanisad

Upanisad merupakan cara Rsi mendapatkan wahyu melalui pikiran Rsi yang dimasuki oleh sabda Brahman sehingga yang diterima oleh sisiwa dari guru adalah sabda Brahman. Guru menyampaikan ajaranNya itu dalam suasanapendidikan dalam garis Parampara yang disebut Upanisad, artinya duduk didekat seorang guru untuk menerima ajaran suciNya.

Darsana

Darsana merupakan cara Rsi mendapatkan wahyu dengan cara berhadapan langsung dengan dewa-dewa. Seperti ketika Arjuna berhadapan dengan Hyang Siwa atu Indra dalam suatu pandangan melalui mata batin.

Avatara

Avatara merupakan cara Rsi mendapatkan wahyu melalui Rsi berhadapan dengan dewa-dewanya seeperti halnya Arjuna menerima Wejangan Suci yang sekarang tertuang dalam Kitab Suci Bhagawad Gita. Ajaran itu diterima langsung dari Tuhan melalui awataranya Sri Krsina.

Rsi menjadikan kita dapat mengetahui ajaran-ajaran suci, baik kerohanian/ketuhanan maupun ilmu alam. Maka dari itu kita hendaknya menyadari betul bagaimana kita bersikap kepada para Rsi. Jika jaman sekarang Rsi dapat disamai perannya dengan para pendeta/pedanda dan pemimpin agama. Kita hendaknya mematuhi apa yang menjadi wejangan atau nasehat yang diberikan oleh pendeta/pedanda. Jika dalam Panca Yadnya bagian ke 2 adalah Rsi Yadnya, kita diwajibkan melakukan pengorbaan suci kepada Para Rsi.

Semoga Bermanfaat.

Semoga semua isi alam semesta ini hidup bahagia dan sejahtera...

Damai selamanya dan dimanapun kita berada

3 komentar:

  1. Boleh tanya gak?
    Wahyu yang diterima oleh Sapta Rsi dengan cara didengar secara langsung disebu?

    BalasHapus
  2. Cuma tanya aja ya kak:)

    BalasHapus