Rabu, 08 Februari 2017

Ilmu Pengetahuan Para Widya dan Apara Widya


Semoga selalu dalam Lindungan dan Kasih Tuhan..

Dalam kitab Agni Purana, Ilmu pengetahuan ada 2 jenis, yaitu Para Widya dan Apara Widya. Sastra suci telah banyak memberikan ilmu pengetahuan kepada kita, sehingga ilmu pengetahuan  yang memiliki banyak cabang telah memberikan pilihan bagi kita untuk menekuni  cabang Ilmu pengetahuan. Supaya kita dapat membedakan jenis ilmu pengetahuan dan tidak mencampuradukan ilmu pengetahuan, maka Para Widya dan Apara Widya ini yang menjadi sudut pandang.

Para Widya

Ilmu pengetahuan Para Widya adalah ilmu yang mempelajari tentang pengetahuan kerohanian atau yang biasa kita sebut dengan Brahma Widya. ilmu pengtahuan yang sifatnya tidak bisa dirubah atau dilekang zaman.  Jika kita lihatdari kitab suci Veda, maka yang termasuk dalam jenis ilmu pengetahuan ini adalah Veda Sruti. Dalam veda Sruti melahirkan tiga cabang lagi, itu adalah Mantra, Brahmana dan Upanisad. Yang mana Veda Sruti ini menrupakan Wahyu Langsung dari Tuhan yang disampaikan melalui para Rsi pada saat melakukan Tapa.  Sruti juga sering dikenal denga Catur Veda yaitu, Reg Weda, Yayur Veda, Sama Veda dan Atharwa Veda .

Apara Widya

Apara Widya merupakan ilmu pengetahuan yang  berisi tentang pengetahuan keduniawian. Ilmu pengetahuan yang mempelajari bagaimanan perkembangan zaman serta ilmu pengetahuan yang memiliki sifat yang dapat berubah seiring dengan perkembangan zaman. Ilmu pengetahuan jenis ini memilki ribuan cabang. jika dilihat dari isinya, kitab Veda Smrti tergolong ilmu pengetahuan Apara Widya, karena Veda Smrti ini tersusun dari cerita-cerita Itihasa, atas dasar kesepakatan para orang suci dan pimpinan lembaga , yang isi memberikan pengetahuan tentang bagaimana kita menjalani hidup. Misalnya kitab Ramayana, Mahabrata dan Menawa Dharmasatra.

Kedua ilmu pengetahuan di atas tersebut sangat penting untuk kita ketahui, karena dalam kehidupan diperlukan keseimbangan untuk menuntun hidup kearah yang lebih baik. Ilmu keduniawian yang banyak kita kuasai apa bila tidak seimbang dengan pengetahuan rohani/keTuhanan maka sudah pasti ilmu yang kita miliki tidak bermanfaat baik. Untuk itu, mari kita gali sebanyak-banyaknya Ilmu Pengetahuan Para Widya dan Apara Widya. Seperti yang diungkapkan oleh Albert Einstein Ilmu Tanpa Agama Itu Buta, Agama Tanpa Ilmu Itu Lumpuh. Pengetahuan agama sangat membantu kita untuk memahami pengetahuan Para Widya, oleh karena itu Agama merupakan pendukung kita dalam menguasai Ilmu-Ilmu pengetahuan yang lainnya.

Semoga seluruh isi alam Semesta ini Berbahagia dan Sejahtera

Damai, Damai, Damai selamanya dan di manapun kita berada.

2 komentar:

  1. Om Swastiastu Om. Terimakasih banyak saudaraku. Sharing yang sangat luar biasa. Rahayu sareng sami🌞🌎 🌙

    BalasHapus