Selasa, 14 Februari 2017

Panca Sradha


Semoga selalu dalam lindungan dan kasih Tuhan..

Dalam Tattwa Hindu, khususnya di indonesia, konsep kepercayaan dikemas dengan konsep yang mudah dipahami dan memberikan mengerti akan mengapa kita lahir ke dunia ini. Apa penyebabnya, bagaimana kita lahir, apa yang akan terjadi berikutnya, dan kemana tujuan kita lahir ke dunia ini. Konsep kepercayaan itu disebut dengan Panca Sradha. Yang artinya lima keyakinan umat Hindu. Apa saja lima keyakinan tersebut?

Percaya dengan adanya Tuhan/Ida Sang Hyang Widi

Setiap umat beragama, sangatlah penting meyakini keberadaan Tuhan, karena dengan demikian kita dapat merasakan bagaimana kebesaran-kebesaran, keajaiban-keajaiban yang terjadi di dunian ini. Tuhan yang dikatakan maha mengetahui dan maha adil, membuat kita berada dalam lingkaran proses kehidupan yang tidak diragukan akan hasil dari setiap perbuatan. Orang yang bijaksana akan menerima banyak penyebutan nama Tuhan.

Percaya dengan adanya Atman

Tubuh sebagai badan fisik, agar badan fisik ini hidup, maka tak kalah pentingnya adalah Atma di dalam badan fisik ini. Sang Atma inilah yang membuat kita hidup. Atma yang sifatnya tidak terlihat membuat sebagian besar kita menganggap bahwa atma ini merupakan bagian dari badan fisik ini. Dalam Hindu, ada 3 lapisan badan, yaitu Stulla Sarira/badan fisik, Suksma Sarira/budi atau kesadaran dan Antakarana Sarira/Jiwa atau Atma.  Ketiga lapisan ini memiliki peran yang berbeda-beda. Badan fisik setelah meninggal akan Hancur kembali ke unsur Panca Mahabutha, Budi/Kesadaran akan kembali maya dan jiwa akan kembali ke sumber atma itu sendiri. Sehingga kita harus pahami betul, bagaimana perjalanan sang jiwa menuju sumbernya. Itu yang menjadi titik pencarian hidup bagaiman sang jiwa ini dapat kembali kesumbernya.

Percaya dengan adanya Karma Phala

Karma phala merupakan hasil dari perbuatan kita, karma inilah yang akan menghantarkan kita baik dalam kehidupan ini maupun dalam proses jiwa ini menuju sumbernya. Karma yang baik akan menyelamatkan kita dikehidupan ini dan membuat jiwa kita cepat mencapai sumbernya. Ada tiga jenis karma phala, yaitu. Hasil perbuatan yang  dikehidupan yang terdahulu kita nikmati sekarang, hasil perbuatan yang sekarang, kita nikmati dikehidupan yang sekarang juga dan hasil perbuatan yang sekarang belum sempat kita nikmati, akan kita nikmati di kehidupan yang mendatang. Nah dari metode itulah dapat dijelaskan bagaimana seseorang yang lahi ke dunia ini tidak memiliki jalan hidup yang sama. Di sinilah keadilan dapat terlihat dan dirasakan.

Percaya dengan adanya Punarbhawa

Punarbhawa merupakan kelahiran kembali/Reinkarnasi, Hindu meyakini adanya kelahiran kembali, mengapa demikian, karena apabila sang Jiwa yang ada dalam tubuh ini belum dapat menyatu dengan sumbernya, maka Sang Jiwa ini akan mencari badan baru untuk lahir kembali. Adapun kelahiran itu dimaksudkan dengan memperbaiki perbuatan-perbuatan kita terdahulu. Maka pergunakanlah kelahiran menjadi manusia untuk memperbaiki karma kita supaya sang Jiwa yang ada dalam tubuh ini dapat kembali menyatu dengan Sumbernya.

Percaya dengan adanya Moksa

Moksa merupakan tujuan tertinggi umat Hindu, jika dalam agama Disebutkan bahwa tujuan kita beragama adalah Moksartam Jagadhita ya ca iti dharma. Artinya pencapaian kebebasan dan kesejahteraan di dunia ini dan di akhirat. Moksa dalam arti bebas, bebas dari rasa sakit, bebas dari kelahiran kembali dan bebas dari segalapun yang menyebabkan jiwa ini terbelenggu. Maka ketika manusia telah mencapai moksa, itu artinya sang jiwa yang ada di dalam diri manusia itu dapat telah menyatu dengan Tuhan.

Begitu luesnya  ajaran Hindu yang ada di indonesia, kita patut berbangga menjadi Hindu yang ada di Indonesia karena memiliki ajaran-ajaran yang menunutun kita ke tujuan kita dengan cara yang sangat mudah dipahami. Panca sradha sebagai dasar keyakinan  kita dalam beragama Hindu, Panca sradha pula yang memberikan kita keterbukaan akan kehidupan ini.

Semoga semua mahluk dan isi alam ini sejahtera dan bahagia..

Damai, damai, damai selamnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar