Sabtu, 11 Februari 2017

Sapta Rsi (Tujuh Rsi)


Semoga selalu dalam Lindungan dan Kasih Tuhan..

Hindu adalah agama yang paling pertama ada di dunia, kitab sucinya adalah Veda. Ajaran Veda telah diciptakan sebelum manusia ini diciptakan di dunia. Itu karena ajaran Veda sangat universal, tidak berawal dan berakhir. Pengetahuan Rohani dan Material yang berasal dari Veda dapat menuntun penganutnya ke tempat atau suatu yang menjadi tujuan. Kitab suci Veda sangat berperan penting dalam roda kehidupan ini. Kita patut berterimakasih kepada para Rsi yang telah menghimpun kita Veda. Di Hindu ada 7 Rsi yang patut kita kenang dan hormati, karena beliau-Beliaulah kitab-kita tersusun. Berikut Sapta rsi atu Tujuh Rsi..

Rsi Grtsamada

Rsi Grtsamada adalah Maharsi yang banyak dihubungkan dengan turunnya mantra-mantra Veda, terutama reg Veda Mandala II. Maha Rsi Grtsamada merupakan keturunan dari Sunahotra, keluarga Angira, ada pula yang menjelaskan bahwa Maharsi Grtsamada adalah keturunan Bhrgu. Oleh karena itulah sejarah Maharsi Grtsamada tidak diketahui secara pasti. Di carita Mahabharata ia disebutkan keturunan Maharsi Saunaka.

Rsi Visvamitra

Rsi Visvamitra adalah Maharsi yang banyak disebut-sebut namanya dan dikaitkan dengan seluruh mandala III Reg Veda yang terdiri dari 58 Sukta. Namun setelah dilakukan penelitian ternyata tidak semua Sukta dikaitkan dengan nama Rsi Vivamitra. Visvamitra adalah putra dari Rsi Kusika. Namun keterangan lain ada yang menyebutkan bahwa Rsi Visvamitra bukan termasuk golongan Brahmana melainkan golongan kesatriya.

Rsi Vamadewa

Maharsi Vamadewa banyak dikaitkan dengan Mandala IV Reg Veda. Kurang banyak diketahui riwayat  Maharsi Vamadewa ini. Dalam kitab-kitab Purana diceritakan bahwa Vamadewa sempat mengadakan dialog dengan Dewa Indra. Sehingga Maharsi Vamadewa disebut pemberi petunjuk untuk mencapai kesempurnaan sejati.

Rsi Atri

Maharsi Atri banyak dikaitkan dengan turunnya mantra-mantra Mandala V Reg Veda.  Bila dibaca secara seksama, Reg Veda Mandala V tampaknya tidak hanya Maharsi Atri saja yang menerima Wahyu , tetapi juga Rsi Druva, Prabhuvasu, Samvarana, Gauraviti dan Putra Sakti. Tetapi kemungkinan nama-nama itu merupakan keturunan dari Maharsi Atri.

Rsi Bharadvaja

Maharsi Bharadvaja adalah Maharsi yang banyak dikaitkan dengan turunnya mantra-mantra dari mandala VI Reg Veda. Adapun nama-nama lain, seperti Nara, Gargajisva adalah nama Rsi penerima wahyu dari keluarga Bharadvaja. Dalam kitab-kitab Purana dijelaskan bahwa Rsi Bharadvaja adalah putra Brihaspati.

Rsi Vasistha

Maharsi Vasistha banyak dikaitkan dengan turunnya mantra-mantra Mandala VII Reg Veda. Salah seorang keturunannya, Rsi Sakti juga dikenal sebagai penerima Wahyu.  Dalam kitab Purana, dinyatakan bahwa Rsi Vasistha menikah dengan Arundhati, sudara perempuan Devarsi Narada. Dari pernikahan itu lahir seorang putra bernama Sakti.

Rsi Kanva

Maharsi Kanva adalah penerima wahyudan banyak dikaitkan dengan Mandala VIII Reg Veda.  Mandala ini isinya bermacam-macam Sukta. Kanva adalah nama pribadi dan juga nama keluarga. Mandala VIII dinyatakan diterima oleh Maharsi Kanva atau merupakan wahyu yang diterima oleh keluarga Sakuntala. Disamping rsi Kanva terdapat pula nama-nama rsi lainnya seperti Kasyapa, Putra Marici. Maharsi Kanva mempunyai puta bernama Praskanva. Dan banyak nama Rsi yang dijumpai di mandala VII.


Adapun mandala IX dan X Reg Veda merupakan mandala yang paling lengkap. Mandala ini memuat pokok-pokok ajaran agama Hindu yang sangat penting dan sangat bermanfaat untuk diketahui. Dalam mempelajari perkembangan agama Hindu di daerah ini, kita jumpai pula tokoh-tokoh yang disebut  juga Pancarsi yaitu adalah Mpu Agnijaya, Mpu Kuturan, Mpu Sumeru, Mpu Gana dan Mpu Bharadah.

Semoga semua mahluk hidup berbahagia dan sejahtera..
damai selamanya dan di manapun.. Om....

Referensi: 
 Tim Penyusun, 1997, Buku Pendidikan Agama Hindu Untuk Perguruan Tinggi, Hanuman Sakti,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar