Jumat, 10 Februari 2017

Catur Veda


Pada perkembangannya Veda, sangat berperan penting dalam kehidupan spiritual maupun material. Pengetahuan tentang Spiritual maupun Material menjadi hal yang khusus untuk dipelajari secara seksama supaya tidak menimbulkan pemahaman-pemahaman yang berbeda dan dapat membedakan antara pemahaman tentang ketuhanan dan keduniawian. Catur Veda yang merupakan Sruti yang masuk golongan Mantra merupakan kitab yang secara khusus ditulis/dihimpun oleh para Rsi/orang suci yang berasal dari Wahyu Tuhan  untuk melakukan bakti dalam bentuk pemujaan, mengucapkan nama-nama suci Tuhan, lagu rohani serta untuk mantra yang diyakini dapat memberikan kita keselamatan. Catur Veda terdiri dari Reg Veda, Sama Veda, Yayur Veda dan Atharwa Veda.

Reg Veda

Reg Veda adalah kitab catur Veda yang dihimpun paling pertama, Rsi yang menghimpun Reg veda adalah Rsi Pulaha. Reg Veda merupakan kumpulan mantra atau doa suci,  terdiri dari 1017 hymna atau 1028 mantra termasuk bagian mantra Walakhitanya. Disebut pula terdiri atas 10580’/2 stanza atau 153826 kata-kata atau 432000 suku kata. Reg vVeda terdiri dari 10 mandala yang panjangnya tidak sama. Disamping itu, Reg Veda juga disebut dibagi menjadi 2 Astaka Mandala, mandala 2-8 ayat-ayat dihimpun oleh suadara-saudara Maha Rsi Tunggal, sedangkan 1,9 dan 10 dihimpun oleh banyak Maha Rsi. Kitab Reg Veda dikumpulkan dari beberapa jenis resensi, seperti resensi Sakala, Baskala, Aswalayana, Sankhyayana dan Madukeya. Dari resensi tersebut yang masih tepelihara adalah resensi Sakala, yang lainnya banyak yang belum disempurnakan lagi karena mantra-mantranya hilang.

Sama Veda

Sama Veda merupakan veda yang bersisi nyanyian-nyanyian suci untuk Tuhan. Dihimpun oleh Rsi Jaimini. Menurut penelitian Sma Veda terdiri dari 1875 mantra yang terdiri dari dua bagian yaitu: bagian Arcika yaitu himpunan mantra-mantra pujaan yang bersumber dari Reg Veda, sedangkan bagian Uttaracika merupakan himpunan mantra-mantra yang bersifat tambahan. Semua itu berdasarkan dari kitab-kitab Sama Veda yang masih dapat kita jumpai antara lain, Ranayaniya, Kautama dan Jaiminiya (Talawakara). Walaupu seperti itu di dalamnya, usaha penulisan kembali kitab Sama Veda telah diusahakan sedemikian rupa supaya tidak banyak yang hilang.

Yayur Veda

Yayur Veda merupakan Veda yang berisi mantra-mantra untuk melakukan korban suci atau yadnya. Kitab ini dihimpun oleh Rsi Waisampayana.Yayur Veda terdiri dari 101 resensi yang sebagian besar sudah lenyap. Kitab terdiri dari 2 aliran yaitu Yayur Veda Hitam (Krsna Yayur Veda) dan Yayur Veda Putih (Sukla Yayur Veda yang juga dikenal Wajasaneyi samitha) kitab ini terdiri dari du resensi yatu resensi Kanwa dan Resensi Madhayandina. Yayur Veda Putih terdiri dari 1975 mantra yang isinya umumnya menguraikan bagaimana jenis-jenis yadnya seperti Wajapeya, Rajasuya, Asmasedha dan Aarmawedha. Bagian terakhir dari Veda ini memuat ayat-ayat yang kemudian dijadikan Isopanisad.

Atharwa Veda

Kitab Atharwa Veda merupakan kumpulan-kumpulan mantra yang merupakan mantra untuk keselamatan diri dan pengobatan. Kitab ini disusun oleh Rsi Sumantu.  Terdiri dari 5987 mantra. Kitab ini terpelihara dalam dua resensi yaitu resensi Saunaka terbagi atas 21 buku dan resensi Paipplada.



Referensi, Widya Upadesa, Kelas XI

2 komentar: