Selasa, 07 Februari 2017

Tri Jnana Sandhi sebagai Pedoman Hidup


Semoga Selalu dalam Lindungan dan Kasih Tuhan

Dalam agama Hindu, yang menjadi dasar penuntun hidup yaitu Tri Jnana Sandhi. Tri Jnana Sandhi terdiri dari tiga suku kata yaitu Tri, Jnana dan Sandhi. Tri artinya tiga, Jnana artinta Pengetahuan/Kerangka dan Sandhi artinya dasar atau kunci. Jadi Tri Jnana Sandhi artinya Tiga pengetahuan/Kerangka dasar agama Hindu. Tri Jnana Sandhi juga menjadi dasar untuk menjalani kehidupan bagi semuanya. Adapun bagian-bagian Tri Jnana Sandhi yaitu, Tattwa, Etika dan Upacara/Upakara. Pembahasan Tri Jnana Sandhi akan dibahas scara kehidupan yang modern dan global.

Tattwa

Tattwa berasal dari kata “tat” yang artinya kebenaran, Tattwa juga bisa disebut dengan ilmu pengetahuan. Dalam konteks keagamaan Tattwa berfungsi sebagai  ilmu untuk mencari hakekat Tuhan. Sedangkan di zaman modern Tattwa lebih dikenal dengan ilmu pengetahuan. Dengan ilmu pengetahuan inilah manusia bisa bertahan dan menjalani hidup dengan baik, sehingga apa yang menjadi tujuan manusia dapat tercapai dengan baik. Tattwa memiliki peran yang sangat penting dalam perubahan, baik perubahan manusia maupun perubahan dunia. Oleh karena itu tattwa menjadi dasar yang pertama dalam susastra suci.

Etika/Susila

Etika merupakan sikap/prilaku seseorang yang dapat memberikan dampak positif dan keuntungan bagi orang lain. Etika juga merupakan norma-norma yang digunakan sebagai patokan untuk hidup yang harmonis dan saling menguntungkan. Dalam bermasyarakat etika menjadi hal yang sangat penting untuk diterapkan. Karena setiap interaksi memerlukan etika untuk menjalin perasaan yang nyaman diantara keduanya yang mana etika telah menjadi pedoman dalam pergaulan masyarakat.

Upacara/Upakara

Upacara/Upakara merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan rutin dan bersama-sama dengan tujuan untuk memberikan efek yang baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Dalam zaman modern upacara bisa disebut juga dengan suatu pengorbanan. Pengorbanan yang dilakukan secara bersma-sama tentunya memberikan efek baik yang besar pula. Dalam kehidupan individu, pengorbanan menjadi satu titik terakhir dalam berjuang untuk hidup yang lebih baik. Jelas dikatakan oleh sebagian orang, setiap apapun yang dilakukan dan yang diinginkan butuh pengorbanan.

Tattwa, Etika dan Upakara/Upacara/Pengorbanan adalah tiga hal yang tidak dapat dipisahkan, sehingga ketiganya ni harus dimiliki oleh manusia. Dengan ilmu yang kita miliki, kita mengerti apa yang baik dan apa yang menjadi tujuan kita. Begitu juga ketika kita telah mengerti apa yang menjadi tujuan kita, maka sudah pasti kita memerlukan pengorbanan untuk mencapai tujuan kita. Jalani dan maknai hidup dengan baik dan terarah, gali ilmu pengetahuan, cerminkan etika kita dan lakukan pengorbanan. Dengan demikian, semoga semua mahluk hidup berbahagia dan sejahtera.

Semoga seluruh isi alam semsta ini berbahagian dan sejahtera..
Damai, damai, damai selamanya dan dimana-mana..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar