Selasa, 09 Mei 2017

Dharma Agama dan Dharma Negara



Dharma Agama dan Dharma Negara!
Utamakan/Usahakan Dharma dalam Memimpin Negara/Hidup ini..
Hendaknya seorang yang bijaksana menjadi contoh/panutan..
Bukanlah Harta, Nafsu dan Kemansyuran yang menjadi tujuan utama..
Seorang yang Bijaksana/Berhasil adalah mereka yang paham betul akan Hakikat Dharma.
(Ramayana.II.Sargah24.81)

Dari arti kekawin di atas, kita sebagai manusia harus mamahami betul hakikat Dharma.. Dharma Agama dan Dharma Negara menjadi patokan bagaimana seseorang tersebut berhasil dalam menjalani kehidupan ini.. seorang manusia/warga negara tidak cukup hanya mentaati Dharma Agama saja. Untuk menciptakan keharmonisan dan keadilan yang menyeluruh, maka kita harus menjalankan Dharma Agama dan Dharma Negara..
Dharma Agama merupakan kewajiban kita untuk menjalankan dan patuh terhadap ajaran-ajaran agama. Agama merupakan pedoman untuk menjalani kehidupan dan mencapai kebahagiaan. Dengan Agama seorang dapat tumbuh menjadi manusia yang sejati.
Bagaimana dengan Dharma Negara???
Negara Indonesia yang memiliki berbagai Ras, Agama, Suku, Golongan dan Ribuan Budaya. Para pendiri bangsa ini telah menyusun dan mempertimbangkan banyak hal untuk keutuhan Bangsa Indinesia Sehingga terciptalah 4 Pilar Bangsa..
1. PANCASILA
2. BHINEKA TUNGGAL IKA
3. UUD 1945
4. NKRI

Keempat itu merupakan pilar dasar negara Indonesia. sehingga kita sebagai warga negara yang baik harus senantiasa patuh dan menjunjung tinggi 4 pilar tersebut untuk menciptakan keadilan yang menyeluruh.
Selain Patuh dan Tunduk pada 4 Pilar Negara Indonesia, kita sebagai warga negara yang baik juga harus patuh dan hormat kepada para pemimpin bangsa ini, kita harus dukung penuh setiap program pemerintah. Kita harus satu garis komando dengan pemerintah untuk membangun Negara ini, karena pemerintah merupakan Pemimpim, Guru yang patut dihormati dan digugu.
Itula yang disebut sebagai Dharma Negara kita sebagai manusia..
Dharma Agama dan Dharma Negaara Menjadi adalah dua bagian penting dalam kehidupan ini. Ibarat Manusia, Dharma Agama merupakan Jiwa dan Dharma Negara merupakan Tubuh ini. Kita harus rawat dan jalankan kedua Dharma ini agar terciptanya keseimbangan. Sehingga kita bisa benar-benar dapat mengfungsikan 2 Dharma ini dengan baik
Saudara-Saudaraku sebangsa dan setanah air, mari kita satukan tekad untuk membangun negara ini demi terciptanya keadilan yang menyeluruh.. keberhasilan seseorang terlihat bagaimana orang tersebut melakukan kewajibannya dengan baik, tepat tetapi juga harus sejalan dengan Dharma Agama dan Dharma Negara.
Semoga Indonesia semakin Jaya, Sejahtera dan Adil..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar