Selasa, 16 Mei 2017

ARTHA, Cara Mendapatkan dan Pemanfaatannya!

Gambar: tkjjunior.blogspot.co.id

semoga kita selalu dalam keadaan sehat dan lindungan Tuhan

Artha/Kekayaan merupakan salah satu bagian dari Catur Purusa Artha. Dalam konteks kehidupan, artha ini menjadi hal yang sangat dibutuhkan, sebab dengan Artha manusia bisa memenuhi beberapa keinginan/kebutuhan hidup. walaupun demikian, bukan berarti Artha menjadi hal yang paling utama, sebab dalam mengejar Artha, Dharma menjadi patokan atau landasan yang harus perhatikan, bagaimana Artha ini dapat memberikan kebahagiaan, sehingga dalam cara mendapatkan dan penggunaan dilakukan dengan baik. Salah satu alat untuk mencari artha adalah, Dharma, Artha, Kama, Moksa Sariram Sadhanam yang artinya Tubuh ini adalah alat untuk mencari Dharma, Artha, Kama dan Moksa. Kemudian bagaimana dalam mendapatkan dan menggunakan Artha?

Dalam kitab Sarasamuccaya Sloka.263 sebagai berikut.

“Sebab Artha itu, jika dharma landasan memperolehnya, laba atau untung namanya, sungguh-sungguh mengalami kesenangan orang yang memperoleh harta tersebut. Namun, jika harta tersebut diperoleh dengan jalan adharma, maka harta itu akan menjadi noda, hal itu dihindari oleh orang yang berbudi utama, oleh karena itu, janganlah bertindak menyalahi dharma, jika hendak berusaha menuntut sesuatu”

Jelas dan tegas diuraikan di dalam kitab Sarasamuccaya, dalam mencari Artha, Dharma menjadi landasan/dasar. Walaupun Artha itu nantinya akan digunakan dengan baik dan tepat. Tetapi apabila cara mendapatkanya dengan jalan adharma, maka noda atau derita yang diperoleh, baik yang mendapatkannya maupun yang menerima.

Kemudian bagaimana cara pengelolaannya?

      1. Sadhana ri kasiddaning Dharma
Artinya adalah, bagaimana Artha ini digunakan untuk kebutuhan dan menjalankan Dharma, melaksanakan kewajiban-kewajiban hidup, contoh, melakukan Panca Yadnya, berdana punia, menolong orang.

2. Sadhana ri kasiddaning Kama
Artinya, Artha digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan untuk mencari kesenangan. Sehingga dalam kehidupan hal-hal yang menjadi kebutuhan dasar seperti makan, hiburan, sandang papan menjadi penting untuk dipenuhi. Contoh, pergi berlibur, membeli barang yang dibutuhkan dan melalukan kegiatan yang menjadi hobi.

3.  Sadhana ri kasiddaning Arha
Artinya adalah, bagaimana Artha yang didapat atau yang dimiliki dikelola dan dipergunakan untuk mendapatkan Artha kembali. Supaya keberlansungan hidup dapat terpenuhi dengan baik. contoh, Artha digunakan untuk jual beli, investasi, memproduksi barang, deposito dll.

Banyak hal yang dapat dilakukan dengan Artha, tetapi jangan sampai kita gila akan Artha, sebab Artha itu bukan sesuatu yang kekal dan menjadi bekal selamananya di dalam perjalanan hidup manusia. Yang menjadi bekal utama dalam hidup ini adalah Dharma, sebab dengan berpegangan teguh kepada dharma, tujuan-tujuan hidup seperti Artha, Kama dan Moksa dapat tercapai dengan baik. pergunakanlah Artha yang kita miliki dengan baik dan benar, sehingga dengan Artha tersebut kita dapat menambah karma baik yang menjadi modal untuk memperbaiki kualitas jiwa kita. Sehingga tahap demi tahap apa yang menjadi tujuan Agama Hindu yaitu Moksartham Jagadhita ya ca iti Dharma dapat tercapai, yaitu kebebasan, kebahagian, kesejahterahaan di dunia dan di akhirat.

Semoga semua mahluk hidup berbahagia..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar