Selasa, 07 Maret 2017

Bangkitkan Semangat Beroganisasi



Semoga Selalu dalam Lindungan dan Kasih Tuhan.

Organisasi merupakan suatu aktifitas yang sangat penting untuk diikuti dan dipelajari, karena dengan mengikuti organisasi kematangan/kedewasaan seseorang dapat diciptakan. Bagaimana berinteraksi dengan anggota, bagaimana menyikapi perbedaan pendapat, bagaimana menjalin komunikasi yang baik dengan orang dll, itu bisa didapatkan dari organisasi. Organisasi ada yang bersifat Profit dan Non Profit, yang bersifat Profit pasti banyak yang berminat dan bertahan di Organisasi ini, tetapi bagaimana dengan organisasi Non Profit, semakin kesini organisasi Non Profit ini mulai pudar peminat. Minat orang untuk untuk berorganisasi Non Profit mulai terkikis oleh ego dan fasilitas yang telah dimiliki. Ego yang merasa bahwa orang tersebut telah memiliki kekayaan, Ego bahwa orang tersebut tidak dalam level itu dan ego seseorang yang merasa dirinya yang paling mampu dan bisa. kemudian pengaruh Fasilitas yang ada seperti alat komunikasi.

Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat semuanya semakin mudah dalam melakukan komunikasi dan koordinasi. Namun dibalik itu ada beberapa hal yang sebagian orang belum dapat menyikapi perkembangan tersebut sebagai ajang untuk memajukan diri, baik bekerjasama maupun interaksi. Kerjasama dan Interaksi inilah yang menjadi hiasan dalam organisasi yang sehat dan mapan. Berorganisasi memang bukan hal yang sulit, namun perlu manajeman waktu dan manajeman rasa yang baik untuk dapat terlibat banyak dalam Organisasi sosial. Ada 3 Aspek Manfaat penting dalam ikut berorganisasi.

1. Diri Sendiri

Mengikuti Organisasi Sosial memang suatu pilihan bagi kita, bagaimana kita menyikapi suatu organisasi akan menentukan sejauh mana kita bisa bertahan dalam organisasi tersebut. semakin lama kita bertahan, maka semakin banyak pengalaman dan Ilmu yang kita dapatkan. Seringnya terlibat dalam suatu organisasi membuta kita banyak belajar dan berkembang, mulai dari melatih seni memimpin, berbicara, menumbuhkan percaya diri, memanajeman target atau program kerja, mengelola pergaulan dll.

2. Orang Lain/Lingkungan

Munculnya organisasi-organisasi dapat membentuk lingkungan atau kebudayaan yang baik, dengan mengajak banyak orang untuk ikut berorganisasi, itu artinya pembelajaran-pembelajaran untuk bermasyarakat dan menentukan Visi-Misi bersama dapat tersusun dengan baik. Disamping itu, organisasi dapat mengajak masayarakat lebih aktif dalam lingkungan  dan sebagai pendukung proses sosialisasi yang berjalan di sebuah lingkungan masyarakat, sehingga kita dengan cepat mampu mengidentifikasi kendala-kendala yang terjadi di masyarakat.

3. Lembaga/Organisasi

Hubungan yang dijalin dalam berorganisasi bukan hanya terhadap pengurus, anggota, masyarakat atau lingkungan, tetapi juga terhadap Organisasi-Organisasi yang ada. Sinergisitas organisasi dapat menumbuh-kembangkan masing-masing organisasi. Disamping itu, kerjasama antar lembaga yang baik dapat digunakan sebagai pengawasan/pengontrolan terahadap kebijakan-kebijakan dan kinerja dari sebuah pemerintahan yang sedang berjalan. Dengan demikian, sinergisitas antara organisasi menjadi pondasi yang kuat untuk kemajuan suatu bangsa/negara.

Berorganisasi merupakan suatu pilihan bagi kita, kita memilih sebagai penonton atau sebagai pelaku, jika kita sebagai penonton artinya kita hanya melewati hidup tanpa berbuat apa-apa, lain halnya jika kita aktif dalam organiasi, paling tidak kita telah berkarya, ada yang kita lakukan untuk masyarakat. Yang menjadi kebanggaan tersendiri dalam berorganisasi adalah, bagaimana kita meninggalkan suatu warisan yang bermanfaat bagi generasi mendatang.

Ayo berorganisasi, jangan takut, jangan ragu, bagi kemampuamu kepada orang lain dan ciptakan suatu karya yang positif dan menguntungkan orang lain. Dari organisasi menuju puncak kehidupan yang jaya. Selamat berorganisasi...

Loka Samasta Sukhino Bhawantu...
Damai...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar