Kamis, 19 Januari 2017

TIGA UNSUR YANG MEMBUAT KITA BAIK!


Semoga selalu dalam Lindungan dan Kasih Tuhan..

Siklus kelahiran sebagai manusia memang tidak bisa dihindari jika sang Atma masih memiliki ikatan karma di dunia ini. Ketika lahir menjadi manusia, saat itulah diberikan kesempatan untuk melepaskan ikatan karma yang masih tersisa di dunia ini. Lahirnya manusia ke dunia secara unsur di dalamnya memiliki unsur pembentuk yang disebut badan Fisik, unsur sang pemberi kehidupan/kekuatan yang disebut  Jiwa dan unsur penggerak yang disebut Budi/Kesadaran. Itu yang menyebabkan manusia memiliki Tri Pramana (Bayu, Sabda dan Idep). Sehingga kelahiran menjadi manusia adalah hal yang paling utama, karena manusia dapat membedakan mana perbuatan yang baik, mana perbuatan yang tidak baik.

Dalam melepaskan ikatan karma yang masih tersisa di dunia, manusia sering kali diberikan tantangan atau ujian dalam menjalani kehidupan ini, sehingga kita sebgai manusia seringkali mengalami kesulitan-kesulitan yang menyebabkan kita  justru terjerumus dalam karma yang tidak baik. Namun tidak selamanya tantangan atau ujian  itu dapat menyebabkan terjerumusnya kita ke dalam karma yang tidak baik ketika  kita dapat meyadari secara betul siapa diri kita sebenarnya.

Di dalam diri kita memiliki tiga lapisan/usur  yang menyebabkan kita bisa berbuat baik. Lapisan tersebut adalah, Badan Kasar/Jasmani, Badan Halus/Budi, Pikiran, indria dan Jiwa/penyebab Hidup. Ketiga unsur inilah yang dapat melepaskan ikatan karma dalam kehidupan ini, sekarang pertanyaannya adalah bagaimana caranya supaya ketiga unsur ini dapat bekerja dan berfungsi sebaik mungkiin supaya perbuatan-perbuatan yang muncul adalah perbuatan yang baik dan dapat melepaskan sisa karma yang tersisa. Maka dari itu kita harus paham betul apa bagaimana cara merawat dan meningkatkan kualitas ketiga unsur tersebut.

Dalam susastra suci disebutkan:

“ Badan dibersikan dengan air, pikiran  dibersikan  dengan kejujuran,  atma dibersihkan dengan ilmu pengetahuan dan  tapa brata, budi dibersikan dengan perbuatan/korban suci”

Dengan petunjuk sastra suci di atas, untuk menjadikan ketiga lapisan/unsur yang ada di dalam diri kita dapat berfungsi dengan baik, maka unsur-unsur tersebut dirawat dan dijaga. Bagaimana caranya?

1.      Badan kasar/Jasmani
Supaya jasmanai kita bisa kuat dan segar, harus kita rawat dengan cara membersikannya dengan cara mandi yang teratur dan merawatnya dengan cara memberi makan yang bergizi tentunya dengan makanan yang menyejukan dan menbuat badan kita terasa enak serta olahraga yang cukup.

2.      Badan Halus atau Pikiran/Kesadaran
Badan halus atau pikiran merawatnya dengan cara selalu berpikir baik, berbuat baik dengan segala laku kejujuran. Karena dengan perbuatan itu kita dapat penilaian dari orang lain, bagaiman kualitas budi atau kesdaran yang kita miliki. Dengan selalu berbuat baik dan juju, maka kita tidak akan takut di manapun kita berada.

3.      Jiwa atau Roh
Jiwa merupakan percikian suci dari Tuhan, apabila kita benar merawat sang jiwa maka sifat-sifat Tuhan yang Baik akan selalu dapat melekat dalam diri kita. Cara merawat Jiwa yang ada dalam tubuh adalah dengan cara selalu berbakti, mengucapkan nama suci Tuhan setiap saat dan pengetahuan suci. Jiwa adalah sangat dekat denga hati nurani kita, jika kita melakukan sesuatu sesuai dengan hati nurani, maka jelas hasilnya karma yang baik.

Untuk menghindari rasa ego, sombong, kondisi sakit, strees, bingung, yang mana sifat-sifat ini dapantmenjerumuskan kita ke dalam perbuatang yang tidak baik, maka kita harus merawat dengan baik lapisan atau unsur yang ada didaam diri kita sendiri. Mengenali dan mengetahui  Jati diri adalah langkah awal yang dapat memberikan capaian-capaian yang baik dan bermanfaat dalam kehidupan ini. Sehingga karma yang tersisa dapat dilebur dalam karma yang baik yang kita perbuat pada saat ini. Dengan demikian, tujuan hidup manusia dapat tercapai. Damai/Bebas di  dunia dan di akhirat.

Jadi mulai dari sekarang marilah kita rawat ketiga unsur yang ada dalam diri kita, perlahan-lahan kita perbaiki apa yang menjadi penentu karma kita. Sehingga dengan demikian antara badan, pikiran dan hati akan menjadi solid dan berjalan secara bersama-sama. Itu adalah perbuatan yang sangat baik, utama dan pasti akan menguntungkan kita.

Semoga seluruh Isi alam semesta ini berbahagia dan sejahtera..
Damai, damai, damai selamanya dan di manapun..

Terima kasih..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar