Sabtu, 21 Januari 2017

HARI SUCI SARASWATI


Semoga selalu dalam lindungan dan kasih Tuhan..

Hari Saraswati adalah hari suci untuk memuja Tuhan dalam manifestasinya sebagai Dewi Saraswati, hari suci ini hadir setiap 210 hari tepatnya Sabtu Umanis Wuku Watugunung. Hari suci Saraswati diperingati merupakan hari peringatan turunnya Veda/Ilmu Pengetahuan.  Sehingga hari suci Saraswati sangat penting sekali dan moment yang sangat sakral bagi kaum pelajar, mahasiswa, dosen dan cendikiawan-cendikiawan Hindu. Karena bagi mereka moment ini dijadikan sebagai moment pemantapan diri untuk mengucapkan syukur dan mohon bimbingan supaya Ilmu yang telah didapat dapat bermanfaat bagi kehidupan ini.

Perayaan hari Suci Saraswati umumnya dilakukan di pagi hari, karena pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk melakukan pemujaan supaya Sang Hyang Widi senantiasa mengaugrahkan Kecermerlangan pikiran dan kekuatan pikiran untuk menumbuhkan ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan merupakan modal dasar dari manusia untuk menumbuhkan dan menguatkan Sradha dan bhakti. Dalam konteks perayaan hari Saraswati, selalin memperingati Hari Turunnya Ilmu pengetahuan, di malam harinya juga dikenal dengan Malam Satra yang mana malam satra ini menjadi moment untuk menggali ilmu pengetahuan suci secara mendalam.

Hari raya Saraswati sangat penting kita kenal dan maknai secara mendalam, kata Saraswati berasal tiga suku kata, yaitu Sara yang artinya Dia yang memberi, Swa artinya Diri Sendiri dan Thi artinya Dia Yang Mengetahui. Jadi Saraswati artinya Dia yang mengetahui dan memberi pengetahuan . Dewi Saraswati dilukiskan sebagi Dewi yang sangat cantik dan bertangan empat yang masing-masing memegang Kropak, Wina, Ganitri dan teratai yang ada didekatnya, burung merak dan angsa.  Adapun simbol dari semua itu adalah sebagai berikut:

-          Dewi yang sangat Cantik ilah simbol dari ilmu pengetahuan adalah sangat menarik, Mulia dan Indah.
-          Kropak sebagai Simbol Sumber Ilmu Pengetahuan.

    Wina sebagi simbol ilmu pengetahuan menyebabkan rasa yang sangat halus dan memberikan rasa nyaman.

-      Genetri adalah simbol dari ilmu pengetahuan yang bersifat kekal dan tak terbatas, tidak akan habis dipelajari.

-          Teratai adalah simbol dari kesucian, artinya pengetahuan itu sangat suci.

-   Merak adalah simbol kewibawaan dan berkedudukan apabila orang telah menguasai illmu pengetahuan.

-          Angsa adalah simbol dari ilmu pengetahuan itu sangat bijaksana, dapat membedakan mana yang baik dan mana yang tidak baik, walaupun dalam kondisi yang tidak baik.

Ilmu pengetahuan dikatakan sangat mulia apabila seseorang yang telah memiliki ilmu pengetahuan digunakan sebagai kebaikan bersama dan ditularkan kepada orang lain. Ilmu pengetahuan dikatakan sangat bijaksana apabila seseorang yang telah memilikinya dapat membedakan mana yang baik  dan mana yang tidak baik, walaupun dalam kondisi tidak tertekan.

Dengan Perayaan Saraswati, mari kita tuntut dan  henti-hentinya mengejar Ilmu pengetahuan guna membentuk diri menjadi orang yang mandiri dan teguh dalam menghadapi persoalan apapun yang terjadi dalam kehidupan ini. Di era persaingan yang ketat seperti ini, Ilmu pengetahuan itu adalah yang paling utama dan penting. Selamat hari Saraswati.

Semoga seluruh isi alam semesta ini berbahagia dan sejahtera..

Damai, damai, damai selamanya dan di mana-mana..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar