Kamis, 12 Januari 2017

DIA DAN ENGKAU ADALAH SAMA

TAT  TWAM ASI
Oleh: I Nyoman Santiawan

Semoga selalu dalam Lindungan dan Kasih Tuhan

Ketika engkau bahagia, begitu juga aku, aku bahkan lebih merasakan bahagia dari pada yang engkau rasakan. Karena itu aku akan selalu berusaha membeuat engkau bahagia. yah, itulah yang diajarkan TAT TWAM ASI,  mengajarkan kita segalanya. Ungkapan yang diatas begitu sederhana, tetapi  susah kita praktekan. Sebelum saya jauh berbicara, saya akan mengambil garis besar apa saja yang akan saya sampaikan. Yaitu, apa itu Tat Twam Asi? Kenapa Tat Twam Asi itu penting? Bagaimana cara kita menjalankan ajaran Tat Twam Asi dengan mudah??

Yang pertama, apa itu tat twam Asi? Tat Twam Asi adalah ajaran social tanpa batas yang bernafaskan hindu yang mana berasal dari bahasa sansekerta yaitu Tat Artinya Itu/IA, Twam Artinya engkau/kamu  dan Asi artinya adalah. Dan apabila digabungkan menjadi “Ia adalah Engkau” atau “Kamu adalah Aku”.  Jadi apabila saya ingin bahagia, maka saya harus membahagiakan engkau dulu.  Tat Twam Asi ini terdapat dalam Kitab Chandogya yang ada dalam Upanisad, yang bersumber dari Weda Sruti.

Yang kedua, mengapa ajaran Tat Twam Asi itu penting untuk kita? Ya karena kita manusia, manusia adalah mahluk social. Yang kita sebagai manusia tidak bisa hidup sendiri, melainkan saling membutuhkan hidup yang selalu berdampingan.  Jadi Apabila kita ingin hidup kita harmonis dan bahagia, maka Tat Twam Asi adalah harga mati. Seperti lagu Puspa Hati, lagu ini mengandung makna yang sangat dalam dan iramanya begitu indah. Karena dengan kita mengimplementasikan ajaran tersebut, kita akan terhindar dari bahaya, musuh dan penderitaan. Tidak aka nada yang namanya pembunuhan, perang, penganiayaan, dll.

Kemudian yang terakhir, ketika kita tau apa itu Tat Twam Asi dan mengapa ajaran itu sangat penting. Akan muncul pertanyaan bagaiman kita memparktekan ajaran tersebut dengan mudah? Tidak gampang memang, tetapi ketika kita ada tekad yang sunguh2 untuk belajar, hal apapun itu pasti kita bisa melakukannya. Tat Twam Asi sangat berkaitan dekat dengan ajaran Tri Kaya Parisuda. Apa itu Tri Kaya Parisuda??......, ajaran ini akan mudah kita laksanakan apa bila kita selalu bersyukur terhadap apa yang telah kita dapatkan dan miliki. Jadi inti apabila kita ingin hidup bahagia adalah selalau bersyukur terhadap Tuhan. Karena dengan bersyukur kita akan selalu merasa bahagia, dari rasa bahagia tersebut pikiran kita akan positif, dari pikiran positif ucapan kita yang keluar ucapan manis dari ucapan manis pasti akan tumbuh perbuatan yang tulus dan baik.


 Dahului berbuat baik, karena dengan kita berbuat baik lebih dulu, itu akan membuat orang lain nyaman dan bahagia didekat kita dan dengan kita berbuat baik lebih dulu, berarti kita sudah menjadi insan yang suputra. Dengan demikian, moksartam jagatdita ya ca iti dharma pasti tercapai. Kebahagiaan di dunia kita nikmati, kebahagiaan di akhirat akan mengikuti..

Semoga Seluruh isi alam semesta ini berbahagia dan sejahtera..
Damai, damai, damai selalu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar