Senin, 31 Juli 2017

Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Perkembangan Pendidikan Anak


Semoga selalu dalam keadaan sehat dan lindungan Tuhan..

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang wajib didapatkan oleh anak-anak dan generasi penerus kita. Dengan pendidikan yang cukup generasi penerus mendapat pengetahuan yang cukup pula, semakin tinggi pendidikan yang didapatkan oleh anak-anak dan generasi, semakin tinggi pula pegetahuan yang dimiliki. Sehingga dalam menjalani kehidupan generasi mampu bersaing ketat dengan bekal pengetahuan yang dimiliki oleh anak-anak dan generasi.

Persaingan dan perkembangan kehidupan yang sangat cepat memerlukan pengetahuan yang tinggi baik dalam bidang akademis maupun sosial. Bidang akademis dibutuhkan untuk menopang segala kebutuhan administrasi sedangkan Bidang sosial berguna untuk mengenali dan membangun mitra dalam lingkungan persaingan. Sehingga dengan bekal akademis dan sosial yang tinggi, anak-anak dan generasi mampu mengatasi masalah-masalah dan tantangan dalam perkembangan kehidupan ini. Bisa digarisbawahi bahwa demikian pentingnya Pendidikan dan Sosial  itu.

Yang masih banyak terjadi di masyarakat adalah, masih banyak menganggap pendidikan tidak perlu tinggi tetapi cukup dengan berperilaku yang baik dan secepatnya bekerja. Memang tidak ada yang salah dengan hal itu, tetapi apabila ada pilihan dengan pendidikan yang tinggi kita dapat berperilaku baik, peluang untuk berhasil lebih besar, mendapatkan posisi yang baik dan lebih bermanfaat bagi orang banyak, tentunya kita pasti memilih pilihan ini. Masuknya anak-anak dan generasi ke jurang pemikiran yang konvensional dan perkembangan teknologi membuat anak-anak dan generasi membatasi diri dalam bersosial  sehingga keadaan yang demikian membuat sulit bersaing diperkembangan kehidupan ini. Di sinilah peran orang tua dibutuhkan untuk mengubah pola pikir yang demikian.

Peran orang tua terhadap perkembangan pendidikan anak-anak dan genarasi sangatlah penting, orang tua harus tampil meyakinkan untuk menjamin anak-anak mendapatkan pendidikan yang setinggi-tingginya. Jangan sampai motivasi belajar anak menurun ketika melihat sikap, komitmen dan keadaan orang tua yang pada akhirnya membuat anak-anak memutuskan untuk berhenti sekolah dan lebih baik bekerja untuk membantu orang tua. Sehinggan apabila yang terjadi demikian maka kemampuan bersaing juga akan lemah.

Persaingan yang begitu ketat dan peraturan-peraturan yang dikeluarkan mengharuskan pemilik keahlian harus memiliki lisensi atau pengakuan secara administratif, sehingga banyak yang terseleksi dan terhambat dalam meningkatkan posisinya. Oleh karena itu, buang sejenak pemikiran yang konvensional dan mari bergegas dan semangat untuk mendapatkan pendidikan yang setingi-tingginya. Tidak ada kata terlambat dan berakhir untuk mendapatkan pendidikan yang setinggi-tingginya. Seperti Sosok Bapak Pendidikan Ki Hajar Dewantara kita Menyampaikan “Lawan Sastra Ngesti Mulya” yang artinya “Dengan Ilmu Pengetahuan dan Budaya kita mencita-citakan Kebahagiaan dan Kesejahteraan”.

Kesimpulannya adalah, begitu pentingnya pengetahuan yang diakui secara administratif dan Sosial bagi perkembangan kehidupan ini. Maka dari itu, orang tua berkewajiban untuk mendorong dan memotivasi anak-anak dan generasi belajar dan menjamin mendapatkan pendidikan yang setinggi-tingginya. Kemudian dorong anak-anak dan generasi untuk terlibat aktif dalam organisasi dan masyarakat, supaya anak-anak dan generasi mampu bersosial dan mengenali kendala-kendala yang dialami masyarakat dan kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan masyarakat. Semoga bermanfaat. Terimakasih..

Semoga seluruh isi alam semesta ini berbahagia dan sejahtera..

Damai, damai dan damai selalu...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar