Jumat, 21 Juli 2017

Generasi Hindu Wajib Tingkatkan Peran untuk Dharma Negara!!


Semoga selalu Baik dan dalam Lindungan Tuhan..

Konsep kehidupan dalam ajaran Agama Hindu memberikan jaminan kesejahteraan dan kedamaian dalam menjalani hidup di manapun umat Hindu berada.  Dengan melaksanakan dan patuh terhadap apa yang diajarkan Hindu, umat Hindu akan selamat dan mampu menjadi panutan dalam kehidupan ini. Karena tidak hanya Dharma Agama yang dipraktekan tetapi juga Hindu sangat menjunjung tinggi Dharma Negara dan Kebudayaan apapun. Dharma agama adalah, kewajiban menjalankan ajaran-ajaran agama sedangkan Dharma Negara adalah, kewajiban untuk mematuhi dan menghormati aturan-aturan kepemerintahan.

 Dharma Agama dijadikan sebagai pedoman menjalani hidup untuk menjalin hunbungan yang baik dengan sang pencipta, sesama manusia serta lingkungan, dan juga untuk mencapai segala tujuan hidup. Dengan Dhrama Agama ini umat Hindu mampu membentuk karakter dan budi yang baik, sehingga penerapan ajaran-ajaran agama dapat dimaknai sebagai kewajiban yang tidak boleh lepas dan menjadi paham akan makna hidup ini sesungguhnya.

Dharma Negara dalam ajaran Hindu sudah tidak bisa diingkari lagi, Weda menegaskan umat hindu harus patuh dan hormat kepada negara dan pemerintah. Tidak hanya itu, Hindu mengajarkan umatnya untuk selalu berperan aktif dalam pembangunan negara dan menjaga kehormatan bangsa. Sebagai warga negara yang baik harus mampu menjaga ketertiban dan keutuhan Bangsa dengan cara jati diri dan bela negara terhadap bangsa tertanam dalam jiwa Hindu. Selain itu, pemerintah juga merupakan salah satu bagian dari Catur Guru yang harus dipatuhi dan dihormati yaitu sebagai Guru Wisesa.

Dalam kitab suci Veda disuratkan:
” Vayam rastre jagryama porohitah “.[Y.V.IX.23]
” Vayam tubhyam balihrtah syama “.[Ath.V.XII.1.2
Artinya :
Semoga kami waspada menjaga dan melindungi bangsa dan negara kami. Semoga kami dapat mengorbankan hidup kami untuk kemuliaan bangsa dan negara kami.

” Janam bibhrati bahudha mimasacam
Nana dharmanam prthivi yatokasam
Sahastram dhana dravinasya me duham
Dhruveva dhenur anapaspuranti “.[Ath.V.XII.1.45]
Artinya :
” Bekerjalah untuk tanah air dan bangsamu dengan berbagai cara. Hormatilah cita-cita bangsamu. Ibu Pertiwi sebagai sumber mengalirnya sungai kemakmuran dengan ratusan cabang. Hormatilah tanah airmu seperti kamu memuja Tuhan. Dari jaman abadi Ibu Pertiwi memberikan kehidupan kepadamu semua,karena itu Anda berhutang kepada-Nya “.

Dapat dimaknai beberapa sloka di atas, segala sesuatu yang berhubungan dengan Negara harus dihormati, dijaga dan dibangun untuk pemerintahan yang baik, maju, jaya dan sejahtera. Sehingga dengan demikian tujuan negara yang tertuang dalam UUD dan Pancasila dapat tercapai dan rasakan oleh masyarakat.

Mari sebagai generasi Hindu jangan ragu, jiangan takut  mengambil peran lebih banyak lagi dalam pembangunan dan menjaga kehormatan bangsa. Gunakan kesempatan menjadi manusia untuk memberikan manfaat dan guna kepada banyak orang. Sebagai generasi muda jangan takut untuk berkiprah dalam pembangunan dan menjaga bangsa, karena sudah menjadi kewajiban Hindu untuk hal itu yang sudah disuratkan dalam kitab suci Weda. Sehingga kewajiban Dharma Agama dan Dharma Negara dapat dijalankan dalam kehidupan ini. Junjung tinggi, jaga martabat bangsa, bangun negara, patuh kepada aturan negara dan hormati pemerintah itulah yang disebut generasi Hindu yang Suputra. Salam Pancasila, Merdeka!! Semoga bermanfaat.

Semoga seluruh isi alam semseta ini berbahagia dan sejahtera

Semoga selalu damai dimanapu berada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar