Kamis, 06 Juli 2017

Vibhuti: Untuk Kedamaian dan Kesejahteraan.



Semoga selalu sehat dalam lindungan Tuhan..

Keberadaan Tuhan merupakan hal mutlak yang harus dipercayai dan resapi. Tuhan sebagai pencipta dari semua isi alam semesta ini menciptakan berbagai sifat diri-Nya untuk mudah dipahami. Namun masih ada yang menyangsikan keberadaan Tuhan dan meragukan kemahakuasaan-Nya dengan mengatakan bahwa Tuhan memiliki wujud yang terbatas dan Tuhan harus dibela. Tetapi Bagi mereka yang menyadari secara mendalam tentang kemahakuasaan Tuhan akan mendorong kesadaran tentang kesatuannya dengan Sang Ilahi dan berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan di dunia yang merupakan manifestasi dari pada-Nya. Pengetahuan tentang Tuhan yang secara sangat yakin akan membuat orang tersebut tanpa ragu atas kehadiran Tuhan dan orang yang seperti itu menuju pada pengetahuan Tuhan yang Transendental (Terutama). Seperti sloka di bawah ini:

Yo nah pita janita yo vidhata
Dhamani veda bhuvanani visva
Yo dewananm namdha eka eva tam
Samprasnam bhuvana yantyanya
                        (Regveda X.82.3)
Artinya:
            Tuhan bapa kami, pencipta  kami, yang mengetahui semua tempat, segala yang ada. Ia hanya Esa, memakai nama Deva yang bermacam-macam. Dialah yang dicari oleh semua mahluk dengan bertanya-tanya.

Tuhan mengetur alam semesta demi untuk kesejahteraan dan kedamaian ciptaanya, semua isi alam semesta ada di dalam diri-NYA namun sesungguhnya Dia sendiri terpisah dari ciptaanya-Nya. Kemahakuasaan Tuhan itu harusnya menjadi pengetahuan  bagi manusia, bahwa  hadir di mana pun berada. Pengetahuan tentang Tuhan harus dikuatkan dengan Bhakti atau pengabdian agar pengetahuan itu tidak terkikis dan dapat memberikan pencerahan. Dengan demikian Tuhan akan memperlihatkan diri dalam Roh manusia, sehingga membuat manusia menjadi terbiasa melakukan sifat-sifat ilahi yang agung seperti sifat yang penuh kasih sayang terhadap semua ciptaan Tuhan. Atas dasar Bhakti itulah Intelek manusia akan menjadi bersinar. Seperti pada sloka di bawah ini:

Tesam evanukampartam
Aham ajnana-jam tamah
Nasayami atma-bhawa-stho
Jnana-dipena bhasvata
                        (Bhagawad Gita. X.11)
Artinya:
Karena kasih sayang murni-Ku kepada mereka, yang bersemayam di dalam hatinya, aku menghancurkan kebodohan yang timbul oleh kegelapan, dengan sinar cahaya kebijaksanaan-Ku.

Menyikapi sloka di atas, sudah seharusnya manusia mengubah pola pemikiran jika Tuhan itu hanya milik satu kelompok atau berada jauh dari diri manusia. Jika manusia benar-benar dapat meresapi, maka kehadiran Tuhan itu selalu hadir disetiap nafas. Mereka yang merasakan kehadiran Tuhan di manapun berada, dengan sinar suci Kebijaksanaan-Nya dan Kasih Sayang Murni-nya kesejahteraan dan kedamaian akan selalu hadir untuk mereka dan alam semseta ini.

Jadi kesimpulannya adalah, Manusia yang dapat menyadari keberadaan-Nya di setiap saat, maka kedekatan dengan Tuhan akan sangat terasa dengan pengetahuan dan Bhakti  yang dimiliki. Bentuk Bhakti kepada Tuhan akan lebih baik jika manusia selalu menebarkan kasih sayang kepada setiap ciptaan-Nya. Jadi, mari kita fokus apa yang ada di sekeliling kita, syukuri apa yang telah dapat kita lihat dan miliki, jaga semua itu dan jadikan kehidupan kita ini sebagai kesempatan untuk  meningkatkan kualitas Jiwa yang ada di dalam diri. Semoga bermanfaaf..


Semoga seluruh isi alam semesta ini berbahagia dan sejahtera...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar