Kamis, 12 Juli 2018

CINTA KASIH




Om Swastyastu..

Lahir, hidup dan mati merupakan proses kehidupan yang dijalani oleh sang jiwa ini, namun dalam proses itu, sang jiwa hendanya selalu meningkatkan kualitas sang jiwa agar kelak sang jiwa ini tidak mengalami proses penderitaan tersebut. Menyatunya sang jiwa bisa dicapai dengan pelayanan dan pengorbanan yang iklas terhadap siapapun. Untuk bisa melakukan pelayanan tersebut maka cinta kasih adalah kunci utama untuk memudahkan dan merealisasikan hal itu secara berkesinambungan.

Dalam Hindu cinta kasih merupakan nilai utama yang harus dimiliki oleh setiap orang. Karena cinta kasih merupakan sumber kebahagian dan kehidupan. Setiap orang yang penuh dengan cinta kasih, bisa dipastikan orang tersebut pasti selalu bahagia. Selain itu, cinta kasih merupakan penggerak dari perbuatan subha karma dan pemacu untuk kita selalu berbuat dan melayani orang lain. Oleh karena itu, penting bagi kita bahwa cinta kasih ini harus ditumbuhkan dan dijaga.

Untuk menjadikan semua pelayanan dan pengorbanan itu benar kita lakukan dengan iklas dan memberikan suatu keharmonisan dan keselamatan bagi diri sendiri maupun orang lain, Hindu memiliki konsep untuk mencapai keselamatan dan kesejahteraan hidup, konsep itu adalah Tri Pararta. Dalam konsep Tri Pararta, Asih/Cinta kasih adalah hal yang utama, kemudian Punya dan Bhakti. Tiga komponen yang saling melengkapi, cinta kasih yang didasarkan atas ketulusan akan membuat diri manusia iklas dan pasrah dengan hasil. Dengan ketulusan, nilai cinta kasih akan menjadi mulya karena tidak adanya pamrih. Kemudian cinta kasih dan ketulusan itu akan sempurna jika dilengkapi dengan Bhakti atau pengerbanan. Cinta kasih yang sangat besar, cinta kasih yang sangat tulus akan belum sempurna jika tidak ada bhakti/pengorbanan. Oleh karena itu, kuatkalah dan sempurnaanlah cinta kasih yang kita miliki dengan Ketulusan dan Pengorbanan.

Cinta kasih tidak akan lengkang/ kalah dengan apapun. Dengan cinta kasih, Mahatma Gandi mampu mencapai kemenangan tanpa peperangan. Dengan cinta kasih seorang ayah akan berusaha sekuat tenaga untuk membahagiakan istri dan anak-anaknya. Begitu pentingnya cinta kasih itu dalam kehidupan. Kemudian timbul pertanyaan, bagaimana kita mengetahui diri kita atau orang lain memiliki cinta kasih yang murni, tinggi? Bhagawadgita XII.13 disebutkan tentang orang telah memahami cintakasih.

Advesta sarva-bhutanam
Maitrah karuna eva ca
Nirmamo niraham karah
Sama dukha-sukhah ksami

Artinya :

Dia yang tidak membenci segala makhluk
Bersahabat dengan cinta dan kasih
Bebas dari keakuan dan keangkuhan
Sama dalam suka dan duka, serta memberi maaf

Sloka di atas menunjukan ciri-ciri orang yang memiliki cinta kasih yang murni, tidak membenci segala mahluk, dengan cinta kasih yang murni orang tidak akan membeci segala mahluk, termasuk hewan, tumbuh-tubuhan, orang yang sering mecaci, memusuhi dirinya. Bebas dari keakuan dan keangkuhan, seorang yang mengutamakan cinta kasih akan selalu menempatkan kebahagiaan orang lain di atas kebahagiaan dirinya sendiri. Selalu membuat orang lain bahagia terlebih dahulu, karena dengan demikian kebahagiaan diri akan bisa dirasakan. Sama dalam suka dan duka serta memberi maaf artinya, walaupun diserang, dicaci maki, dalam kondisi susah, banyak masalah, orang yang memiliki cinta kasih akan menganggap sama keadaan itu karena bagi mereka, tetap fokus pada mengasihi dan berkorban untuk kebahagiaan orang lain merupakan kebahagiaan terbesar di dalam dirinya. Seorang yang penuh dengan cinta kasih akan selalu membuka pintu maaf pada orang lain, karena dengan memberi maaf cinta kasih akan semakin kuat bersemayam di dalam hatinya.

Cinta kasih begitu penting untuk kehidupan ini, oleh karena itu, tumbuhkan dan kembangkan cita kasih di dalam diri kita. Kasihi semua mahluk, karena dengan demikian gerak kita tidak akan terbatas dalam melakukan perbuatan baik. Seperti halnya rumput, pohon pisang, selama dia belum memberikan buah, dia tidak akan mati walaupun ditebas berkali-kali. Begitu juga seharusnya bagi kita, jangan henti-hentinya menebarkan cinta kasih walaupun sulit, walapun dihalang-halangi tetaplah memberikan kebahagiaan untuk orang lain. Maka niscaya kebahagaian abadi akan kita dapat.

Om Santi Santi Santi om..

1 komentar:

  1. Izin promo ya Admin^^

    Bosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
    minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa
    - Telkomsel
    - XL axiata
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.COMPANY ....:)

    BalasHapus