Kamis, 03 Agustus 2017

SEHAT DENGAN TRI KAYA PARISUDHA


Semoga Selalu dalam keadaan sehat dan lindungan Tuhan..

Tri kaya parisudha adalah ajaran Weda yang sangat dasar. Dari tiga kerangka dasar agama Hindu yaitu Tatwa, Etika, dan Upacara, Ajaran ini tergolong pada etika. Kenapa demikian? Karena ajaran ini mengajarkan kita bagaimana tatacara prilaku kita menjalankan kehidupan ini dengan mahluk lain. Tri kaya parisuda berasal dari kata sansekerta, Tri artinya tiga, Kaya artinya karya/perbuatan dan Parisudha adalah penyucian/Perbaikan. Jadi Tri Kaya Parisudha adalah tiga perbuatan atau perilaku yang harus disucikan. Perilaku yang mana saja?

Yang pertama adalah Manahcikamanahcika  artinya Berpikir yang baik, kita harus selalu berpikir yang baik karena pikiran merupakan awal dari perilaku kita, pikiran yang mengundang sifat dan seluruh organ tubuh untuk melakukan sesuatu. Maka sebaiknya,  jika pikiran kita selalu baik maka hal yang baik pula akan kita berikan dan dapatkan.

Yang kedua adalah WacikaWacika artinya Berkata yang baik. Kita harus selalu berkata yang baik, karena dengan berkata yang baik, segala kebaikan itu akan datang dalam kehidupan kita. Dengan berkata yang baik, akan membuat orang di sekeliling kita merasa nyaman dan suka dekat dengan kita.

Yang ketiga adalah Kayika, kayika artinya Berbuat yang baik. Kita harus selalu berbuat yang baik, perbuatan kita dipengaruhi oleh pikiran dan perkataan kita, maka baiknya kita harus selalu berfikir dan barkata yang baik terlebih dulu agar segala tindakan kita menjadi baik pula. Dengan berbuat yang baik, maka kita akan terselamatkan dalam hidup ini dan orang yang berada di sekitar juga merasa beruntung serta berbahagia.

Ketiga prilaku diatas memiliki keterkaitan yang sangat erat, berawal dari pikiran yang menjadi penentu utama untuk menjalani kehidupan ini dengan baik. Pikiran yang baik dan positif akan membawa kita ke dalam hal yang baik dan positif pula. Begitu juga dengan perkataan dan perbuatan, akan menjadi baik apabila diawali dengan pikiran yan positif.

Meskipun ajaran ini sangat dasar dan sederhana, tapi ajaran ini akan membawa kita  mencapai tujuan umat Hindu, yaitu moksartam jagad dita ya cai iti dharma yang artinya kebebasan di dunia dan di akhirat. Sering kali mengalami kesulitan mempraktekan ajaran ini dengan baik. Walaupuan manusia dipengaruhi oleh indria-indria dan  tidak luput dari kesalahanmari berusaha semaksimal mungkin untuk mempraktekan ajaran ini dengan baik. Agar kehidupan yang harmoni, bahagia dan sejahtera bisa tercipta di dunia ini. Dengan melakukan ajaran ini, rasa cinta kasih dan pengabdian pun akan muncul. Artinya ketika telah memberikan cinta kasih dan pengabdian kita terhadap mahluk lain, maka secara otomatis kita juga telah mencintai dan mengabdikan diri kita kepada  Tuhan.

Dengan selalu bersyukur, kita akan selalu merasa tenang dan riang. Dengan perasaan senang dan riang itu, maka pikiran kita akan selalu positif dan baik. Dengan pikiran yang positif kita akan sehat  jasmani maupun rohani, dengan demikian perkataan dan perbuatan kita pun akan baik pula.n Semua itu berawal dari perasaan, untuk membangun perasan yang baik, kuncinya adalah selalu bersyukur. Jadi, mari kita selalu bersyukur diawali malai setiap bangun pagi, ucapkalah syukur kepada Tuhan. Semoga bermanfaat. Terimakasih..

Semoga seluruh isi alam semesta ini berbahagia dan sejahtera.

Damai, Damai, Damai selamanya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar