Jumat, 17 Januari 2020

Mantap Dalam Beragama




Om Swastyastu..

Kehidupan beragama masa ini mendapatkan sorotan yang sangat menarik, kehidupan beragama tidak lagi hanya digunakan sebagai media dalam mendekatkan dan mengharmoniskan diri kepada Tuhan, Manusia dan Alam tetapi juga banyak pihak-pihak yang memanfaatkan kehidupan beragama untuk kepentingan individu, kelompok, politik, kekuasaan dan lain-lain. Jika sebagai manusia mudah terpengruhi dan dimanfaatkan  untuk kepentingan  ego sektoral, maka terkikislah sradda (keimanan) seseorang itu.  Banyak kasus dalam kehidupan ini yang muncul karena pengaruh kepentingan itu, sebagai contoh pindah keyakinan, menakutnakuti orang, mudah bingung dan mudah emosi bahkan ini dilakukan oleh orang yang cukup umur, tokoh umat dan maupun orang yang memiliki pendidikan tinggi. Sedih memang melihat fenomena seperti ini dalam masyarakat. Andai saja sebagai umat telah dewasa dalam beragama, mungkin fenomena-fenomena tersebut tidak kita temukan dalam kehidupan ini. Namun apa daya, itu benar-benar terjadi dan tidak bisa dihindari karena sejatinya manusia adalah insan yang memiliki tiga sifat dalam diri (Tri Guna)

Cerita masa lalu, dalam suatu wawancara penulis pernah ditanya, apa yang membuat anda yakin beragama Hindu?? “Kemudian dengan sederhana menjawab, karena saya lahir dari Hindu, matipun saya tetap Hindu. Semakin mempelajari dan memahami Hindu maka semakin cintalah saya kepada Hindu. Itu yang membuat saya yakin dan damai di dalam Hindu!” . Iya, Memang benar itu yang seharusnya dirasakan oleh semua penganut Hindu. Hindu merupakan agama yang sangat universal dan fleksibel sehingga semua orang bisa menjalankan dan mengikutinya. Tidak perlu lagi ada kebimbangan dengan Hindu, karena Hindu telah melewati 3 (tiga) zaman mulai dari proses penciptaan semesta ini. Sehingga harus yakin dan mantap dalam beragama (Hindu).

Keyakinan membuat orang kuat dan mudah mencapai apa yang menjadi tujuannya. Begitu juga dalam beragama, jika sebagai umat tidak memiliki keyakinan terhadap Agama yang dianutnya, maka akan sulit bagi orang tersebut mantab, tenang dan damai menjalankan ajaran agamanya. Di dalam kitab suci Bhagawad Gita 9.3 disebutkan:

Asraddadhanah purusa
Dharmasyasya parantapa
Aprapya mam nirwantante
Mrtyu-samsara-wartmani

Artinya: Orang yang tidak memiliki keyakinan terhadap pengetahuan ini, maka dia tidak akan bisa mencapai aku, wahai parantapa,  dia akan mengalami kelahiran kembali di alam material ini.

Sloka di atas sangat relevan jika dihubungkan dalam kehidupan beragama, bagaimana mungkin seseorang akan mencapai tujuan agama jika seorang tersebut tidak yakin/ragu-ragu dengan agama itu. Sederhana saja, jika seseorang tidak yakin, maka akan sulit untuk melakukan bhakti kepada Tuhan.  Sloka di atas hendaknya menjadi pegangan untuk umat Hindu, sebagai umat Hindu wajib menyakini apa yang dimiliki dan dijalaninya. Dengan keyakinan tersebut seseorang akan bisa mencapai tujuan itu. Termasuk keyakinan beragama, dengan meyakini dan mantap dengan agama maka seorang akan dapat mencapai  tujuan agama itu. Harus yakin dan mantap dalam beragama!

Hindu memiliki ajaran yang sangat sederhana dan sangat dekat dengan kehidupan ini. Tiga Kerangka Dasar Agama Hindu Tattwa, Etika dan Upacara kemudian relevan dengan Lahir, Hidup dan Mati yang merupakan bagian yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan manusia. Sejatinya, produk akhir dari ajaran Hindu adalah Perbuatan Baik (Subhakarma), sehingga sederhana bagi Hindu, jika seseorang bisa selalu berbuat baik, maka itulah orang yang tinggi dalam beragama. Mari yakini agama dan mantap dalam beragama sehingga tidak lagi ada keragu-raguan dalam kehidupan ini, tidak ada lagi yang takut dan menakuti. Semua baik-baik saja apabila setiap umat bisa menjalin persaudaraan dan saling asah, asih dan asuh, karena sejatinya itulah yang diinginkan oleh Tuhan. Semoga bermanfaat.

Om Santi Santi Santi Om.

2 komentar:

  1. This is how my friend Wesley Virgin's biography begins in this shocking and controversial VIDEO.

    Wesley was in the army-and soon after leaving-he discovered hidden, "self mind control" secrets that the government and others used to get anything they want.

    These are the EXACT same methods many famous people (especially those who "come out of nothing") and elite business people used to become wealthy and successful.

    You've heard that you use less than 10% of your brain.

    Mostly, that's because the majority of your brainpower is UNTAPPED.

    Perhaps that conversation has even occurred IN YOUR very own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head seven years back, while driving an unlicensed, beat-up trash bucket of a car without a license and with $3 in his pocket.

    "I'm so frustrated with going through life check to check! When will I finally make it?"

    You took part in those questions, ain't it so?

    Your success story is waiting to be written. You just have to take a leap of faith in YOURSELF.

    WATCH WESLEY SPEAK NOW

    BalasHapus
  2. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66
    -perang baccarat (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus