Kamis, 26 September 2019

Jasa Orang Tua Yang Tidak Mungkin Bisa di Balas Oleh Anak


Oleh: I Nyoman Santiawan

Om Swastyastu..

Kasih Ibu/Ayah kepada Beta..
tak terhingga sepanjang masa..
hanya memberi tak harap kembali..
bagai Sang Surya menyinari dunia..

Lagu di atas merupakan penggalan lagu legenda yang hampir semua orang pernah mendengar dan hafal lagu tersebut. Iyaa.. Kasih ibu/Oran Tua, begitu tulus dan sangat besar pada anaknya. Orang Tua tidak pernah berhitung dan memikirkan balasan yang diterima setiap mengasihi sang anak. Itulah orang tua, begitu besar pengorbanan untuk anak-anak mereka demi melihat anaknya tersenyum dan selalu bahagia. Tidak hanya itu, ada jasa besar yang lain yang tidak mungkin anak bisa membalasnya. Dalam kekawin Nitisastra 8.3 ada 5 Jasa besar orang tua untuk anaknya, apa saja itu??

1. Sang Ametaken = Orang yang melahirkan.

Perjuangan sang Ibu pada saat akan melahirkan anak begitu besar, nyawapun sebagai taruhannya. Begitu juga sang Ayah yang harus selalu mendampingi dan menyemangati Ibu supaya kuat dan yakin bisa melahirkan dengan baik dan lancar. Pada saat kondisi tersebut, ada rasa khawatir yang dirasakan, khawatir akan kesehatan Ibu maupun anak, khawatir akan hari esuk bisakah membesarkan anak dengan baik dan selalu membahagiakan sang anak, dan lain-lain.

2. Sang Matulung Urip

Ayah dan ibulah yang menyelamatkan jiwa, tidak hanya Jiwa saja, tetapi dari kita bayi sampai menikah merekalah yang menghidupi kita. Menyelamatkan jiwa bisa diartikan juga sebagai jembatan sang Jiwa ini untuk lahir kembali mendapatkan wadah baru guna menyelesaikan karma wasana yang masih melekat dalam Jiwa.

3. Maweh Bhinojana

Ayah dan ibulah yang memberi kita makan, mulai dari lahir, sang ibu merelakan kemolehan bodynya untuk sang anak, menyusui merupakan asuapan yang sangat baik bagi sang anak. tidak cukup sampai menyusui, setelah waktunya tiba, ayah ibu sudah disibukan untuk memikirkan makanan pendamping asi. Memilih dengan hati hati makanan yang benar-benar segar dan sehat dan mengolahnya harus bersih dan pas dengan masakan. Sampai sang anak menikah kemudian memiliki pekerjaan dan tempat tinggal yang tetap baru ayah dan ibu tenang jika ingin melepas sang anak untuk mencari makan dengan sendirinya.

4. Mangunpadyaya

Ayah dan ibu yang memberikan pendidikan untuk sang anak, baik dari kecil sampai dewasa. Sang ayah rela membanting tulang untuk bekerja keras demi pendidikan sang anak, begitu juga Ibu rela mengurungkan niatnya untuk menjadi wanita karir demi ikut membatu menjaga dan mendidik anak. Ayah dan Ibu tidak hanya memberikan pendidikan secara umum saja, tetapi yang lebih penting adalah bagaimana membentuk karakter anak yang baik dan kuat yang diimbangi dengan pemahaman agama yang cukup sehingga sang anak tumbuh menjadi anak yang cerdas dan teguh imannya.

5. Ayangaskara

Ayah dan Ibu yang mengupacarai/Mendoakan anak. Bisa dibayangkan, bagaimana kesiapan dan ketulusan sang Ayah dan Ibu mengupacarai sang Anak, memohon agar sang anak tumbuh sehat dan cerdas. Jika kita lihat dari sudut tradisi ritual yang ada di dalam ajaran agama Hindu khususnya di Indonesia, banyak sekali ritual yang dilakukan oleh orang tua kepada anaknya. Mulai dari Upacara menggedong gedongan, lahiran, kepus/putus tali pusar, 42 hari, 3 bulanan, 1 otonan, 2 otonan, 3 otonan, metelah/potong rambut, Raja Singa, Raja Suwala, Potong Gigi sampai menikah. itulah rentetan panjang ritual/upacara yang dilakukan untuk sang anak. Banyak sekali dan sangat besar pengorbanan seorang Ayah dan Ibu bagi Anaknnya.

Uraian di atas, hendaknya menyadarkan kita betapa besarnya jasa orang tua kepada kita yang bahkan tidak bisa dibalas oleh kita. Oleh karena itu, kita berkewajiban untuk membahagiakan orang tua kita. Perbuatan yang Utama di dalam perbuatan utama adalah bagaimana kita bisa membahagiakan Ayah dan Ibu kita. Orang Tua kita adalah Tuhan kita yang Nyata di dunia ini, oleh sebab itu, bahagiakan, hormati, patuhi apa yang dikatakan orang tua kepada kita. Sebab, jika kita membuat kecewa orang tua, maka dapat dipastikan hidup kita tidak akan mencapai tujuan dan selamat.

Demikian, Semoga Bermanfaat..
Loka Samasta Sukhino Bhawantu,,
Om Santi Santi Santi OM..



1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^cc
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.biz...^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus