Selasa, 01 Januari 2019

Menjadi Sadhu


Menjadi Sadhu
Oleh: I Nyoman Santiawan


Om Swastyastu..

Kehidupan di dunia ini merupakan perjalanan yang cukup pendek dan penuh misteri, kebahagiaan dan kesedihan, kesuksesan dan kegagalan, kelancaran dan rintangan yang disebut Dualitas Kehidupan yang merupakan bumbu kehidupan. Sebagai mahluk ciptaan Tuhan yang paling mulia, manusia memiliki Tri Pranama (Bayu, Sabda dan Idep), kemudian dengan Tri Premana inilah manusia bisa menjalani dan melewati proses kehidupan.

Dualitas kehidupan pasti akan dilalui dan dirasakan oleh setipa manusia, tak sedikit manusia yang terlena akan keberuntungan yang  didapat, tak sedikit pula manusia putus asa terhadap ketidakberuntungan yang didapat. Suatu hal yang wajar bila itu dirasakan oleh manusia, karena pada dasarnya manusia memiliki sifat yang dipengaruhi oleh Tri Guna.

Dalam ajaran Hindu, untuk melewati itu dengan baik sebenarnya banyak tuntunan dan ajaran yang bisa digunakan sebagai pemecah masalah, melewati rintangan dan mencapai tujuan adalah dengan cara tetaplah menjadi manusia yang Sadhu. Manusia Sadhu adalah orang yang bijaksana dan tekun menjalankan dharma.

Ada tiga hal yang paling dihindari oleh orang yang sadhu yaitu adalah, Rakus, Tidak Suka Bergaul dan Membenci Orang Lain. Ketiga sifat ini merupakan musuh orang yang Sadhu. Jika kita lihat, ketiga sifat itu merupakan sifat yang sangat merugikan, baik orang lain maupun diri sendiri. Sifat tidak suka bergaul dan membenci orang lain merupakan pemutus dan penutup untuk melakukan perbuatan baik kepada orang lain. Sifat rakus merupakan sifah yang akan membuat manusia tidak merasa cukup dengan apa yang dicapai dan dimilikinya, sehingga sering kali melakukan hal yang melanggar Dharma untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

Oleh karena itu, jauhilah ketiga sifat itu, karena sifat rakus, membenci orang lain dan tidak suka bergaul sangat merugikan diri kita maupun orang lain.  Dalam kitab suci Atharwa Weda dikatakan Tuhan sendiri akan menghancurkan orang-orang yang memiliki sifat Rakus, Tidak Suka Bergaul dan Membenci orang lain. Oleh karena itu, mari kita sebagai manusia yang pada dasarnya merupakan insa yang cenderung memilih berbuat baik untuk menghilangkan dan membunuh ketiga sifat itu, supaya kita bisa mencapai tujuan dan selamat dalam kehidupan ini.

Demikian semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan..
Om Santi Santi Santi OM..

1 komentar:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*deV
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus